Return to site

Studi: Pemahaman Diabetes pada Populasi Lansia & Dampaknya Terhadap Kualitas Hidup

November 16, 2023

Sudah bukan hal yang asing bagi kita untuk menyadari bahwa diabetes dapat menyebabkan komplikasi fisik, seperti penyakit arteri koroner, stroke, retinopati, neuropati, dan nefropati. Selain itu, diabetes juga dapat berdampak negatif pada aspek sosial, emosional, dan psikologis. Hal ini dapat mengakibatkan kecemasan dan stres yang meningkatkan dampak negatif terhadap kesehatan.

Studi dan Hasil Penelitian

Sebuah penelitian deskriptif korelasional dilakukan oleh para peneliti dari 20 September 2022 hingga 20 November 2022 untuk mengukur dampak diabetes terhadap kualitas hidup individu di atas usia 65 tahun. Mereka memilih 207 pasien diabetes lanjut usia dari klinik diabetes swasta dan publik di Istanbul, Turki.

Para partisipan mengisi formulir informasi pribadi yang mengumpulkan informasi sosiodemografi dan terkait diabetes. Mayoritas partisipan (65,2%) berusia antara 65 dan 74 tahun, dan hampir 88% melaporkan memiliki asuransi kesehatan. Sekitar setengah (48,8%) di antaranya adalah perempuan. Para peneliti menyatakan bahwa 27,2% partisipan memiliki pendidikan dasar. Lebih dari 84% sudah menikah, tetapi hanya 34,8% yang melaporkan tinggal di rumah dengan pasangan mereka. Sedikit lebih dari 61% melaporkan memiliki pendapatan rata-rata. Hampir 37% telah hidup dengan kondisi diabetes selama 6 hingga 10 tahun. Lebih dari 60% bergantung pada obat antidiabetes oral dan 32,9% menggunakan insulin untuk mengelola diabetes mereka. Hampir 80% dari partisipan tidak melaporkan memiliki penyakit kronis lain.

Para partisipan kemudian mengisi "Skala Beban Diabetes Lanjut Usia (EDBS)," yang berisi 22 pertanyaan pilihan ganda tentang 6 area: beban gejala, beban sosial, pembatasan diet, kekhawatiran tentang diabetes, ketidakpuasan terhadap perawatan, dan beban oleh tablet atau insulin. Skala ini dinilai antara 18 hingga 88, dengan angka lebih tinggi menandakan beban yang lebih besar.

Survei terakhir bagi partisipan adalah Skala Kualitas Hidup Lansia (CASP-19), yang terdiri dari 13 pertanyaan dan memeriksa persepsi otonomi, kepuasan, dan hambatan. Pilihan jawaban adalah 0/tidak pernah, 1/jarang, 2/terkadang, dan 3/selalu. Para peneliti mencatat bahwa pertanyaan 1, 2, dan 4 memiliki nilai yang terbalik dan bahwa skor total yang lebih tinggi menunjukkan kualitas hidup yang lebih baik.

Para peneliti melaporkan bahwa nilai total rata-rata EDBS adalah 47,13 ± 11,95 dan CASP-19 adalah 19,36 ± 7,00.

Temuan Penelitian

Ditemukan korelasi yang signifikan secara statistik antara beban penyakit dan penggunaan antidiabetik oral, tingkat pendidikan, jenis kelamin, dan siapa yang tinggal dengan pasien untuk skala EDBS. Penulis menekankan bahwa temuan ini sesuai dengan penelitian sebelumnya.

Pria lebih mungkin memiliki beban penyakit yang lebih tinggi dibandingkan wanita. "Dalam studi ini, kami berpikir bahwa wanita lebih efektif dalam manajemen diri dan perawatan daripada pria, mengingat sampelnya adalah individu lanjut usia," tulis para penulis. Peneliti menemukan bahwa mereka dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah memiliki beban yang lebih tinggi dibandingkan individu yang lebih teredukasi. Penggunaan antidiabetik oral dan tinggal sendiri juga berkorelasi dengan beban yang lebih tinggi.

"Individu lanjut usia yang tinggal sendiri, terutama dengan penyakit kronis, merupakan kelompok yang memerlukan perhatian prioritas dibandingkan dengan individu lain karena mereka lebih kekurangan dalam aspek bio-psiko-sosial," kata peneliti. "Untuk alasan ini, kami berpikir bahwa individu lanjut usia yang tinggal sendiri memiliki beban diabetes yang lebih tinggi karena keterampilan manajemen diabetes yang rendah."

Untuk CASP-19, hubungan antara tingkat pendapatan dan kehadiran penyakit kronis lainnya adalah satu-satunya korelasi yang signifikan secara statistik. Korelasi negatif ditemukan antara CASP-19 dan total skor EDBS. "Juga ditemukan bahwa terdapat korelasi negatif antara skor total skala CASP-19 dan 'kekhawatiran tentang subskala diabetes' dan 'beban oleh subskala tablet atau insulin,'" kata para peneliti.

Para penulis menyimpulkan bahwa orang lanjut usia mengalami beban sedang dari diabetes berdasarkan data yang ada. Mereka mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas hidup, beban diabetes perlu dikurangi melalui program pendidikan yang ditargetkan kepada populasi berisiko, seperti yang ditemukan dalam studi ini dan penelitian lainnya: pria, individu dengan tingkat pendidikan yang lebih rendah, mereka dengan pendapatan lebih rendah, pengguna antidiabetik oral, dan mereka yang tinggal sendiri.