Return to site

Langkah-langkah Mengelola Diabetes dan Mencegah Risiko Jangka Panjang

December 5, 2023

Diabetes merupakan penyakit yang menantang karena seringkali diam pada tahap awal. Lebih dari itu, penyakit ini mengganggu karena mempengaruhi beberapa organ, pembuluh darah, saraf, dan bagian tubuh lainnya—mulai dari kepala (mata) hingga ujung kaki (perubahan warna, rasa sakit, luka, dll.). Jika perawatan yang tepat dan intervensi yang tepat waktu tidak dilakukan, diabetes dapat menyebabkan dampak serius: peningkatan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan penyempitan pembuluh darah. Hal ini terutama berlaku untuk diabetes tipe-2. Oleh karena itu, para dokter di seluruh dunia merekomendasikan penggunaan glukometer portabel di setiap keluarga.

Penting untuk memahami bahwa mengabaikan gejala atau menghindari pemeriksaan dapat mengakibatkan kondisi medis yang parah. Efek jangka panjang dari diabetes bisa sangat merusak. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengurangi risiko jangka panjang.

Deteksi Dini dan Diagnosis

Pada awalnya, pastikan Anda mengatasi tanda-tanda peringatan diabetes. Tes A1C sederhana menawarkan tingkat glukosa darah, yang menjadi titik patokan untuk pemeriksaan selanjutnya. Tentu saja, tes ini perlu dilakukan dua kali atau lebih untuk mengetahui apakah tubuh Anda secara efisien menjaga kadar gula di dalam tubuh Anda dalam rentang yang ditetapkan. Dokter perawatan primer Anda juga akan menyarankan tes lain. Hal ini mungkin termasuk tes kolesterol dan pemeriksaan rutin pada mata, kondisi gigi, dan tekanan darah.

Informasi A1C Anda dapat mengungkapkan status diabetes Anda secara tepat:

- Level A1C Normal – <= 5.7%
- Pra-diabetes – == 5.7% hingga 6.4%
- Diabetes – > 6.5%

Manajemen Diabetes yang Dipersonalisasi atau Penyesuaian Perawatan dengan Kebutuhan Individu

Diabetes dapat dikelola dengan mudah melalui disiplin dan dedikasi, sementara alat tes gula yang praktis dapat membantu mencapai tujuan ini. Pada awalnya, Anda perlu berkonsultasi dengan profesional layanan kesehatan primer Anda. Bergantung pada intensitas dan jenis diabetes, dokter Anda akan merencanakan strategi yang sesuai. Ini akan mencakup konsultasi dengan profesional medis lainnya seperti spesialis jantung, oftalmologis, ahli gizi, dan bahkan dokter gigi. Penyedia perawatan primer Anda juga akan memberi tahu Anda tentang tes dan pemeriksaan yang akan datang. Ini adalah garis pertahanan pertama Anda, diikuti oleh obat-obatan, diet, dan olahraga teratur. Ingatlah, ini adalah rencana yang dipersonalisasi yang dibuat khusus untuk Anda.


Memantau Proses dan Keberhasilan Pengelolaan Diabetes

Memantau dan melacak status diabetes Anda sangatlah penting. Bicarakan secara teratur dengan penyedia perawatan primer Anda. Anda perlu patuh terhadap obat yang direkomendasikan, bagi mereka yang mencari alternatif dengan kombinasi diet/olahraga perlu melacak pembacaan mereka lebih sering. Jika diabetes Anda sulit dikendalikan atau terus berkembang ke arah yang salah, dokter Anda kemungkinan akan mengubah/meningkatkan dosis. Mengunjungi penyedia layanan kesehatan primer Anda dan spesialis sekunder bisa cukup membuat frustrasi dan memakan waktu. Lebih dari itu, membeli obat dan menguji kadar gula darah di rumah bisa membuat rasa putus asa. Pilihan yang lebih baik adalah menyiapkan segalanya secara online. Salah satu start-up medis berbasis internet terkemuka, BeatO menawarkan program perawatan diabetes yang dipersonalisasi dan komprehensif. Mendaftar dapat membantu Anda mengelola diabetes dengan cara yang tanpa kerumitan, bersamaan dengan pasokan terus-menerus strip tes diabetes.

Dukungan Pendidikan dan Pemberdayaan tentang Pengelolaan Diabetes

Meskipun mengunjungi dokter secara tatap muka itu penting, beberapa strategi lain untuk mengelola diabetes Anda bisa ditangani melalui dukungan pendidikan online dan pemberdayaan. Penyedia solusi online terintegrasi yang menghubungkan Anda dengan dokter terkenal untuk konsultasi dan menawarkan Perawatan Medis dapat menjadi opsi. Ini termasuk obrolan video dan teks dengan ahli gizi, ahli diabetes. Pendidikan yang perlu dipahami adalah berbagai informasi penyakit terkait diabetes seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes, yang umumnya disebabkan oleh resistensi insulin.

Mencegah Komplikasi Terkait Diabetes, Mengurangi Risiko Jangka Panjang

Mengurangi risiko jangka panjang cukup sederhana. Ini bisa disimpulkan dalam dua kata: disiplin dan dedikasi. Mengikuti instruksi medis, diet, dan gaya hidup yang ketat serta memulai latihan/olahraga yoga dapat mencegah komplikasi di masa depan seperti penyakit kardiovaskular, masalah ginjal, dan kerusakan saraf. Ide utamanya adalah memantau kadar gula darah secara teratur dengan glukometer yang praktis. Ini perlu diikuti dengan kunjungan ke laboratorium lokal Anda untuk tes diabetes reguler seperti A1C. Mengikuti strategi di atas dapat menunda/mencegah risiko di masa depan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan Anda. Namun, Anda perlu berhenti merokok dan mengonsumsi makanan berlemak. Hal ini akan mengurangi risiko terkait lebih lanjut.