Return to site

Faktor-Faktor Penyebab Fluktuasi Kadar Gula Darah

August 31, 2023

Bagi mereka yang menghadapi diabetes, pemeriksaan secara rutin terhadap kadar gula darah memiliki peranan yang sangat penting. Melakukan pemeriksaan ini membantu Anda memahami apa yang efektif dan apa yang mungkin perlu Anda ubah agar tetap berada dalam rentang target yang diinginkan. Terkadang, perubahan yang tak terduga pada kadar gula darah bisa saja terjadi. Anda menjalani pola makan yang seimbang, rutin berolahraga, dan minum obat sesuai jadwal, namun nilai gula darah tetap tak sesuai dengan usaha Anda. Lalu, apa yang menyebabkannya? Pertanyaan semacam ini sebaiknya Anda diskusikan dengan dokter yang Anda pilih.

Namun perlu diingat, mengelola diabetes tidak sekadar tentang mengatur pola makan dan berolahraga saja. Ada banyak faktor yang berpengaruh pada kadar gula darah kita, dan beberapa di antaranya mungkin tidak disadari. Berikut beberapa faktor yang mungkin akan mengejutkan Anda:

1. Kurang Tidur
Tidur merupakan waktu yang penting untuk memberikan istirahat pada sebagian besar sel di dalam tubuh kita. Apabila kita kurang tidur, efeknya bisa sangat bervariasi dan juga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan selain diabetes. Namun, bagi penderita diabetes, kurang tidur di malam hari juga dapat memengaruhi kadar gula darah.

2. Pola Makan dan Konsumsi Obat
Pengaruh makanan dan obat juga bisa memengaruhi kadar gula darah. Jika Anda sedang mengonsumsi obat, penting untuk memperhatikan porsi makan yang tepat serta waktu minum obat yang sesuai agar efeknya optimal.

3. Kafein
Kafein adalah salah satu zat yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Bagi pecinta kopi, meskipun diminum tanpa gula, kopi tetap bisa memengaruhi kadar gula darah Anda. Oleh karena itu, sebaiknya batasi konsumsi kafein sebisa mungkin atau konsultasikan dengan dokter mengenai waktu yang tepat untuk mengonsumsi kopi atau makanan lain yang mengandung kafein.