Return to site

Buah Ini Bermanfaat Untuk Mengelola & Mencegah Diabetes

September 26, 2023

Siapa yang tidak suka makan apel? Buah yang segar, renyah, dan lezat ini ternyata juga merupakan teman baik bagi penderita diabetes. Tetapi sebelum Anda menggigit apel berikutnya, mari kita telaah bagaimana apel dapat berkontribusi pada manajemen diabetes Anda dan mendukung kesehatan jantung yang optimal.

Apel, Menjega Kesehatan Pasien Diabetes

Ketika Anda hidup dengan diabetes, memantau makronutrien seperti karbohidrat, lemak, dan protein sangat penting. Apel adalah buah yang mengandung karbohidrat, tetapi jangan biarkan itu membuat Anda ragu. Buah yang kaya akan serat ini juga mengandung polifenol, senyawa alami yang telah terbukti melindungi terhadap diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Pengendali Gula Darah: Polifenol dalam apel membantu melambatkan penyerapan gula ke dalam aliran darah, mencegah lonjakan gula darah yang tiba-tiba. Yang menarik, sebagian besar gula dalam apel adalah fruktosa, yang memiliki dampak rendah pada gula darah.

Resistensi Insulin: Apel juga memiliki peran penting dalam mengurangi resistensi insulin. Jika Anda mengalami diabetes tipe 2, ini mungkin dikarenakan sel-sel tubuh Anda tidak merespons insulin dengan benar. Polifenol dalam apel membantu meningkatkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin secara efektif, memungkinkan sel-sel Anda untuk menyerap gula dan mengubahnya menjadi energi.

Apel untuk Mencegah Diabetes?

Bagi mereka yang memiliki risiko genetik untuk diabetes tipe 2, pencegahan adalah kunci. Studi tahun 2013 menunjukkan bahwa mengonsumsi buah-buahan utuh secara teratur, termasuk apel, berhubungan dengan risiko lebih rendah untuk mengembangkan diabetes tipe 2. Apa yang membuat apel dan beberapa buah lainnya istimewa? Mereka mengandung anthocyanin, sejenis flavonoid dengan sifat antioksidan yang kuat.

Jadi, jangan ragu untuk menambahkan apel ke dalam pola makan sehat Anda. Selain mendukung manajemen diabetes, apel juga membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Tetapi ingatlah selalu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi Anda untuk mengintegrasikan apel dan buah-buahan lainnya ke dalam rencana makan Anda yang sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Dengan begitu, Anda dapat merasakan manfaat alami dari buah segar ini tanpa khawatir akan dampak pada gula darah Anda.