Return to site

6 Tips untuk Membuat Rencana Makan Pasien Diabetes

November 22, 2023

Banyak anggapan yang salah terkait rencana makan bagi penderita diabetes: bahwa mereka harus menghindari semua gula dan karbohidrat serta hanya makan makanan yang rasanya terbatas. Padahal, hal itu tidak sepenuhnya benar!

Anda bisa mengonsumsi makanan yang penuh rasa dan menggugah selera Anda. Semuanya tentang bereksperimen dengan makanan sehat dan menemukan cara untuk menyempurnakan resep-resep. Rencana makan diabetes yang dipersonalisasi dapat membantu Anda menemukan makanan yang Anda sukai dan diet yang cocok untuk Anda. Untuk membuatnya, mulailah dari sini:

1. Konsultasi dengan Ahli

Berbicara dengan penyedia layanan medis atau ahli diet dapat memberikan titik awal yang baik. Tim perawatan Anda akan mengetahui target gula darah spesifik Anda dan informasi lain tentang kesehatan Anda, yang akan membantu mereka membuat rencana yang sesuai untuk Anda.

2. Makanlah Sesuai Selera

Pertimbangkan gaya hidup dan preferensi Anda. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk memasak, Anda memerlukan resep-resep yang cepat dan mudah. Jika Anda tidak suka ikan, mungkin sebaiknya tidak menjadi bagian reguler dari makanan Anda. Memperhitungkan faktor-faktor ini akan membuat rencana makan Anda dapat dipertahankan.

3. Tambahkan Sayuran

Isi setengah piring Anda saat makan dengan sayuran non-berkarbohidrat, yang rendah kalori dan karbohidrat namun kaya akan nutrisi dan vitamin, mineral, dan antioksidan. Brokoli, kembang kol, bayam adalah pilihan bagus.

4. Pilih Protein dengan Bijak

Seperempat piring Anda saat makan sebaiknya berisi sumber protein rendah lemak, seperti ikan, ayam, kalkun, kacang-kacangan, tofu, atau telur. Persiapkan dengan cara dipanggang, dibakar, atau dipanggang untuk meningkatkan rasanya secara sehat.

5. Termasuk Makanan dalam Batas Wajar

Meskipun makanan olahan seringkali nyaman dan praktis, mereka juga sering tinggi lemak tak sehat, gula tambahan, dan natrium berlebih. Penting juga untuk memperhatikan apa yang Anda minum, karena minuman manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

6. Temukan Resep Sehat yang Anda Nikmati

Anda tidak harus makan makanan yang tidak Anda sukai! Ada banyak resep yang cocok untuk diabetes yang tersedia secara online maupun dalam buku masak. Begitu Anda menemukan favorit Anda, Anda bisa membangun menu sekitar resep-resep tersebut.